Minggu, 21 Juli 2013

Kultweet Kepemimpinan

24 April 2013

Kultweet dari Akun @Khaidir_


Bismillah, mau Kultwit tentang Kepemimpinan nih.. :)

 

Ada beberapa fenomena menarik ketika kita telaah Kisah Kepemimpinan Sahabat Rasul, Khulafaurrasyidin khususnya. :)

 

Kepemimpinan dan Karakter Individu sangat erat. Bisa saling mempengaruhi dan merubah. Perubahannya pun relatif. :)

 

Karakter para Khulafaurrasyidin yang begitu khas pun dapat berubah. Sesuai situasi dan Kondisi serta problematika Ummat.

 

Abu Bakr Asshiddiq RadiAllahu'anhu. Orangnya begitu Penyayang, begitu lembut, melankolis, plus bijaksana.

 

Di Masa ke-khalifahan Abu Bakr, Luar Biasa ! Ketika mendapati bbrapa oknum yg nggak bayar Zakat. Beliau menjadi tegas, sangat tegas!! :)

 

'Umar bin Khaththab, Orang yang begitu Tegas, Teguh pendirian, Koleris, pokoknya yang nggak sejalan dgn kebenaran, minggir deh. :)

 

Di Masa kekhalifahan 'Umar, beliau menjadi sangat Bijaksana. Juga sangat berhati-hati menggunakan Baitul Maal. Terkesan jadi penyayang.

 

Khalifah selanjutnya adalah Utsman bin Affan. Hanya beliau yang menurut saya nggak banyak berubah. Karakter hampir menyatu dgn kepemimpinan.

 

Selanjutnya Ali bin Abi Thalib. Seorang yang pembawaannya riang, suka bercanda. (Dalam Dekapan Ukhuwah, Salim.A Fillah).

 

Pembawaan Ali RadhiAllahu'anhu yang periang, tiba-tiba harus menjadi lebih sering serius karena berbagai permasalahan. Bijaksana dan Tegas!!

 

Ada banyak macam kondisi yang harus memaksa mereka untuk merubah gaya kepemimpinannya. Sesuai konteks kekinian.

 

Ada kalanya kita harus tegas, ada kalanya kita harus lembut. Terlalu tegas atau terlalu lembut nggak terlalu baik. Skali lg, sesuai konteks.

 

Itu dulu deh, yang bisa saya sharing malam hari ini. Berbagi Pengalaman ketika menjadi Korcam Kinovaro KKN 66 2013. Semoga bermanfaat.. :)

 

END.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar